SINGLE LINKED LIST CIRCULAR

PENGANTAR SINGLE LINKED LIST CIRCULAR
- SLLC adalah Single Linked List yang pointer nextnya menunjuk pada
dirinya sendiri. Jika Single Linked List tersebut terdiri dari beberapa node,
maka pointer next pada node terakhir akan menunjuk ke node
terdepannya.

Pengertian:
Single : artinya field pointer-nya hanya satu buah saja dan satu arah.
Circular : artinya pointer next-nya akan menunjuk pada dirinya sendiri sehingga berputar

Ilustrasi SLLC
- Setiap node pada linked list mempunyai field yang berisi pointer ke node
berikutnya, dan juga memiliki field yang berisi data.
- Pada akhir linked list, node terakhir akan menunjuk ke node terdepan
sehingga linked list tersebut berputar. Node terakhir akan menunjuk lagi
ke head.

PEMBUATAN SINGLE LINKED LIST CIRCULAR
Deklarasi node
Dibuat dari struct berikut ini:
typedef struct TNode{
int data;
TNode *next;
};

Penjelasan:
- Pembuatan struct bernama TNode yang berisi 2 field, yaitu field data
bertipe integer dan field next yang bertipe pointer dari TNode
- Setelah pembuatan struct, buat variabel haed yang bertipe pointer dari
TNode yang berguna sebagai kepala linked list.

Pembentukan node baru
Digunakan keyword new yang berarti mempersiapkan sebuah node baru
berserta alokasi memorinya.

TNode *baru;
baru = new TNode;
baru->data = databaru;
baru->next = baru;

SINGLE LINKED LIST CIRCULAR MENGGUNAKAN HEAD
- Dibutuhkan satu buah variabel pointer: head
- Head akan selalu menunjuk pada node pertama

Deklarasi Pointer Penunjuk Kepala Single Linked List
Manipulasi linked list tidak bisa dilakukan langsung ke node yang dituju,
melainkan harus melalui node pertama dalam linked list. Deklarasinya sebagai berikut:

TNode *head;

Fungsi Inisialisasi Single LinkedList
void init(){
head = NULL;
}

Function untuk mengetahui kosong tidaknya Single LinkedList
int isEmpty(){
if(head == NULL) return 1;
else return 0;
}

PENAMBAHAN DATA
Penambahan data di depan
Penambahan node baru akan dikaitan di node paling depan, namun pada saat
pertama kali (data masih kosong), maka penambahan data dilakukan pada
head nya.
Pada prinsipnya adalah mengkaitkan data baru dengan head, kemudian head
akan menunjuk pada data baru tersebut sehingga head akan tetap selalu
menjadi data terdepan. Untuk menghubungkan node terakhir dengan node
terdepan dibutuhkan pointer bantu.

void insertDepan(int databaru){
TNode *baru,*bantu;
baru = new TNode;
baru->data = databaru;
baru->next = baru;

if(isEmpty()==1){
head=baru;
head->next=head;
}
else {
bantu = head;
while(bantu->next!=head){
bantu=bantu->next;
}
baru->next = head;
head = baru;
bantu->next = head;
}
cout<<"Data masuk\n";
}

Penambahan data di belakang Penambahan data dilakukan di belakang, namun pada saat pertama kali data langsung ditunjuk pada head-nya. Penambahan di belakang lebih sulit karena kita membutuhkan pointer bantu untuk mengetahui data terbelakang, kemudian dikaitkan dengan data baru. Untuk mengetahui data terbelakang perlu digunakan perulangan.

void insertBelakang (int databaru)
{
TNode *baru,*bantu;
baru = new TNode;
baru->data = databaru;
baru->next = baru;
if(isEmpty()==1){
head=baru;
head->next=head;
}
else {
bantu = head;
while(bantu->next != head){
bantu=bantu->next;
}
bantu->next = baru;
baru->next = head;
}
cout<<"Data masuk\n";
}

“Bagaimana dengan penambahan di tengah?”

MENAMPILKAN DATA
Function untuk menampilkan isi single linked list
void tampil(){ TNode *b;
b = head;
if(isEmpty()==0)
{
do
{
cout<data<<" ";
b=b->next;
}
while(b!=head);
cout<<<"Masih kosong\n";
}

- Function di atas digunakan untuk menampilkan semua isi list, di mana linked list ditelusuri satu-persatu dari awal node sampai akhir node. Penelusuran ini dilakukan dengan menggunakan suatu variabel node bantu, karena pada prinsipnya variabel node head yang menjadi tanda awal list tidak boleh berubah/berganti posisi.
- Penelusuran dilakukan terus sampai node terakhir ditemukan menunjuk ke head lagi. Jika belum sama dengan head, maka node bantu akan berpindah ke node selanjutnya dan membaca isi datanya dengan menggunakan field next sehingga dapat saling berkait.
- Jika head masih NULL berarti data masih kosong!

PENGHAPUSAN DATA
Function untuk menghapus data terdepan

void hapusDepan ()
{ TNode *hapus,*bantu;
if (isEmpty()==0)
{
int d;
hapus = head; d = head->data;
if(head->next != head){
bantu = head;
while(bantu->next!=head){
bantu=bantu->next;
}
head = head->next;
delete hapus;
bantu->next = head;
}else{
head=NULL;
}
cout<<<" terhapus\n";
}
else cout<<"Masih kosong\n";
}

- Function di atas akan menghapus data teratas (pertama) yang ditunjuk oleh head pada linked list
- Penghapusan node tidak boleh dilakukan jika keadaan node sedang ditunjuk oleh pointer, maka harus ditampung dahulu pada variabel hapus dan barulah kemudian menghapus variabel hapus dengan menggunakan perintah delete.
- Sebelum data terdepan dihapus, head harus ditunjukkan ke data sesudahnya terlebih dahulu sehingga data setelah head lama akan menjadi head baru (data terdepan yang baru).
- Jika head masih NULL maka berarti data masih kosong!

Penghapusan data di belakang:

void hapusBelakang()
{ TNode *hapus,*bantu;
if (isEmpty()==0)
{
int d;
hapus = head;
if(head->next == head){
head = NULL;
}
else
{
bantu = head;
while(bantu->next->next != head){
bantu = bantu->next;
}
hapus = bantu->next;
d = bantu->data;
bantu->next = head;
delete hapus;
}
cout<<<" terhapus\n";
}
else
cout<<"Masih kosong\n";
}

- Membutuhkan pointer bantu dan hapus.
- Pointer hapus digunakan untuk menunjuk node yang akan dihapus, dan pointer bantu digunakan untuk menunjuk node sebelum node yang dihapus.
- Pointer bantu akan digunakan untuk menunjuk ke nilai NULL.
- Pointer bantu akan selalu bergerak bersama dengan pointer hapus tapi letak pointer bantu harus selalu dibelakang pointer hapus.

Function untuk menghapus semua elemen Linked List

void clear(){ TNode *bantu,*hapus;
bantu = head;
while(bantu->next!=head){
hapus = bantu;
bantu = bantu->next;
delete hapus;
}
head = NULL;
}

SINGLE LINKED LIST MENGGUNAKAN HEAD DAN TAIL
- Dibutuhkan dua buah variabel pointer: head dan tail
- Head akan selalu menunjuk pada node pertama, sedangkan tail akan
selalu menunjuk pada node terakhir.

Inisialisasi LinkedList

TNode *head, *tail;

Fungsi Inisialisasi LinkedList

void init(){
head = NULL;
tail = NULL;
}

Function untuk mengetahui kosong tidaknya LinkedList

int isEmpty(){
if(tail == NULL) return 1;
else return 0;
}

PENAMBAHAN DATA
Pengkaitan node baru ke linked list di depan
Penambahan data baru di depan akan selalu menjadi head.

void insertDepan(int databaru){
TNode *baru;
baru = new TNode;
baru->data = databaru;
baru->next = baru;
if(isEmpty()==1){
head=baru;
tail=baru;
head->next=head;
tail->next=tail;
}
else {
baru->next = head;
head = baru;
tail->next = head;
}
cout<<"Data masuk\n";
}

Penambahan Data di belakang Pada penambahan data di belakang, data akan selalu dikaitkan dengan tail, karena tail terletak di node paling belakang. Setelah dikaitkan dengan node baru, maka node baru tersebut akan menjadi tail.

void tambahBelakang(int databaru){ TNode *baru;
baru = new TNode;
baru->data = databaru;
baru->next = baru;
if(isEmpty()==1){
head=baru;
tail=baru;
head->next=head;
tail->next=tail;
}
else
{
tail->next = baru;
tail = baru;
tail->next = head;
}
cout<<"Data masuk\n";
}

Kelebihan dari Single Linked List dengan Head & Tail adalah pada penambahan data di belakang, hanya dibutuhkan tail yang mengikat node baru saja tanpa harus menggunakan perulangan pointer bantu.

Function untuk menampilkan isi linked list:

void tampil(){ TNode *b;
b = head; if(isEmpty()==0)
{
do
{ cout<data<<" ";
b=b->next;
}
while(b!=tail->next);
cout<<<"Masih kosong\n";
}

Pada prinsipnya sama dengan function tampil sebelumnya.

Function untuk menghapus data di depan

void hapusDepan(){ TNode *hapus;
if (isEmpty()==0){ int d;
hapus = head;
d = head->data;
if(head != tail){
hapus = head;
head = head->next;
tail->next = head;
delete hapus;
}else{
head=NULL;
tail=NULL;
}
cout<<<" terhapus\n";
}
else cout<<"Masih kosong\n";
}

- Function di atas akan menghapus data terdepan (pertama) yang ditunjuk oleh head pada linked list
- Penghapusan node tidak boleh dilakukan jika keadaan node sedang ditunjuk oleh pointer, maka harus dilakukan penunjukkan terlebih dahulu dengan variabel hapus pada head, kemudian dilakukan pergeseran ke node berikutnya sehingga data setelah head menjadi head baru, kemudian menghapus variabel hapus dengan menggunakan perintah delete.
- Jika tail masih NULL maka berarti data masih kosong!

Function untuk menghapus data di belakang:

Dengan menggunakan Single Linked List ber-Head dan Tail, pengahapusan data di belakang akan mudah dilakukan, tidak seperti pada Single Linked List hanya ber-Head saja.

void hapusBelakang(){ TNode *hapus,*bantu;
if (isEmpty()==0){ int d;
if(head == tail){ d = tail->data;
head = NULL;
tail = NULL;
}
else
{
bantu = head;
while(bantu->next != tail){
bantu = bantu->next;
}
hapus = tail;
tail = bantu;
d = hapus->data;
tail->next = head;
delete hapus;
}
cout<<<" terhapus\n";
}
else cout<<"Masih kosong\n";
}

- Function di atas akan menghapus data terbelakang (terakhir) yang ditunjuk oleh tail pada linked list
- Penghapusan node tidak boleh dilakukan jika keadaan node sedang ditunjuk oleh pointer, maka harus dilakukan penunjukkan terlebih dahulu dengan variabel hapus pada tail, kemudian dibutuhkan pointer bantu untuk membantu pergeseran dari head ke node berikutnya sampai sebelum tail, sehingga tail dapat ditunjukkan ke bantu tersebut, dan bantu tersebut akan menjadi tail yang baru. Setelah itu hapus variabel hapus dengan menggunakan perintah delete.
- Jika tail masih NULL maka berarti data masih kosong!

Function untuk menghapus semua elemen LinkedList

void clear(){ TNode *bantu,*hapus;
if(isEmpty() == 0){ bantu = head;
while(bantu->next!=head){
hapus = bantu;
bantu = bantu->next;
delete hapus;
}
head = NULL;
tail = NULL;
}
}

- Menggunakan pointer bantu yang digunakan untuk bergerak sepanjang
list, dan menggunakan pointer hapus yang digunakan untuk menunjuk
node-node yang akan dihapus.
- Pada saat pointer hapus menunjuk pada node yang akan dihapus, pointer
bantu akan bergerak ke node selanjutnya, dan kemudian pointer hapus
akan didelete.

Comments

Popular Posts