BELAJAR C++

huyz,,,
wktu kmren qta dh kenalan ma algoritma neh,,,
skrg qt bkal bljar about pmbikin programnya,,,
neh,,,

C Plus Plus

C++ (dibaca sebagai "see plus plus": aslinya dikenal sebagai C with Classes) adalah sualu bahasa pemrograman komputer yang telah diperluas dengan kemampuan object oriented. Sejak 1990 C++ merupakan bahasa pemrograman komersil yang paling populer.

History of C++

C++,Nama ini bemula dari Rick Mascitti (pertengahan tahun 1983) dan pertama kali digunakan pada Desember 1983. Awalnya, sejak periode riset disebut sebagai "C with Classes". Nama akhimya diambil dari Cs"++" operator (yang berarti menambah nilai dari suatu variabel) dan suatu konvensi penamaan umum menggunakan"+" untuk menunjukan Pengembangan program komputer, misalnya "dBase3+".

Stroustrup mulai bekerja dengan bahasa ini pada tahun 1979 diinspirasi oleh Simula67. AT&T pertama kali menggunakan bahasa tersebut pada Agustus 1983. Compiler aslinya adalah C front. Dikomersialisasikan pertama kali pada bulan Oktober. Suatu gabungan komite standarisasi C++ ANSI-ISO pada tahun 1998 (ISO/IEC I4882-I99& .
ANSI standard adalah suatu usaha untuk memastikan bahwa C++ adalah portable dimana kode yang anda tulis pada Microsoft compiler akan dapat dikompilasi tanpa kesalahan dengan menggunakan kompiler dari vendor lain pada plarform yang berbeda seperti Mac. Window dan Alpha.

Pada tahun 1998 C++ Standard terdiri dari dua bagian yaitu: Core Language dan Standard Library: yang meliputi Standard Template Library dan C Standard Library.

C++ Library

[C++standard library]] umumnya berupa superset dari C standard library. Sebagian besar dari library C++ adalah terdiri dari Standard Template Library (STL). STL menyediakan fasilitas berguna seperti iterators (merupakan high-level dari pointer) dan containers (menyerupai array yang dapat bertumbuh secara otomatis pada saat penambahan elemen baru). Sebagaimana dalam C,fasilitas dari library dapat diakses dengan menggunakan direktif (include untuk memasukan suatu standard header. C++ menyediakan enam puluh sembilan header standard.
C++ merupakon superset dari C artinya semua program C yang legal juga merupakan program C++ yang legal perkembangan dari C ke C++ adalah sangat nyata. C++ memetik banyak keuntungan dari hubungannya dengan C. dimana programmer C dapat dengan mudah menggunakan C++. Untuk dapat menggunakan keunggulan C++, banyak programmer menemukan bahwa mereka tidak perlu mempelajari hal-hal yang mendasar,tetapi cukup mengembangkan diri dengan mempelajari konsep baru (OOP) dalam pemecahan masalah pemrograman

C++ terus berevolusi untuk memenuhi kebutuhan masa depan. ketika pembuat-pembuat compiler masih berjuang untuk mendukung semua fasilitas C++.Situasi tersebut berkembang persisnya dari tahun 1998 sampai 2003.

C++ Examples

Berikui ini adalah contoh dari program “hello world !”



// C++ Example
# include < constream.h >
main ()
{
cout << "hello world!" ;
return 0;
}


Penjelasan Struktur Program :



// C++ Example

Merupakan baris komentar yang tidak dieksekusi oleh compiler, biasanya diawali dengan tanda “//” atau dapat juga diawali dg tanda “ /* “ dan diakhiri dg tanda “ */ “.

Perbedaan antara tanda // dan tanda “ /* “ “ */ “ :
// : Untuk komentar yang terdiri dari satu baris
“ /* “ “ */ “ : Untuk komentar yang terdiri dari lebih dari satu baris


# include < constream.h >

Adalah baris yg menginstruksikan kepada kompiler untuk menyisipkan file lain saat program dikompilasi. File yg berakhiran .h disebut file header,yaitu file-file yang berisi berbagai deklarasi,spt fungsi, var,dll.
Contoh lain file header:
stdio.h,
conio.h,
math.h,
constream.h(gabungan dari iostream.h dan conio.h),dll

Fungsi-fungsi penting
iostream.h ==> cout, cin,dll
stdio.h ==> printf, scanf,dll
conio.h ==> clrscr(), getch(),dll
math.h ==> sin, cos, tan,dll

main ()
Fungsi utama,disebut juga dg fungsi main. Yaitu suatu fungsi dimana C++ akan memulai menjalankan kompilasinya.

Setiap program C++ selalu terdapat fungsi-fungsi, dan fungsi minimal yg hrs ada adalah fungsi main().

cout << "hello world!" ;
Merupakan perintah yang esensial dlm c++, yg fungsinya utk memberi output ke layar monitor.

return 0;
Karena main merupakan fungsi, maka main dan setiap fungsi harus mengembalikan nilai, maka main menggunakan perintah return 0, yang tidak mengembalikan nilai apa-apa.
Perintah ini merupakan tanda bahwa eksekusi program selesai. Perintah ini dapat disertakan atau tidak disertakan dalam program.

Other Examples

/*
program masukkan bilangan
*/
# include < constream.h >
main ()
{
clrscr ();
int x;

cout << "masukkan sebuah bilangan:" ;
cin >> x;

cout << "bilangan yang anda masukkan adalah: " << x;
getch();
}

/*
program menghitung bilangan
*/
# include < constream.h >

void main ()
{
clrscr();
int x, y, n;

cout << "masukkan bilangan pertama:" ; cin >> x;
cout << "masukkan bilangan kedua:" ; cin >> y;

n=x+y;

cout << "hasil penjumlahannya adalah:" << n;
getch();
}

Note: Program ini di buat dengan menggunakan Turbo C++ 4.5, jika menggunakan Turbo C++ 3.0 atau yang lainnya maka akan berbeda hasilnya.

siph,,,sgitu za dlu yup,,,
mzh bnyak kuq about c++ th,,
klu pngn lbih tau,
ya cri za,hehehe,kidding ^-^

Comments

Popular Posts