POINTER IN C++

Pointer (variabel penunjuk) adalah suatu variabel yang berisi alamat memori dari suatu variabel lain. Alamat ini merupakan lokasi dari obyek lain (biasanya variabel lain) di dalam memori. Contoh, jika sebuah variabel berisi alamat dari variabel lain, variabel pertama dikatakan menunjuk ke variabel kedua.

Ada dua buah operator dalam pointer,yaitu operator & dan *.

Operator & menyatakan alamat.Pada saat pendeklarasian,tidak harus menentukan lokasi alamat pada memory sesungguhnya,cukup dengan memnuliskan tanda & di depan variable.Operator & berarti “alamat dari...” atau dikenal dengan “address of..”.

Contoh:
a=15
a=&b


Contoh diatas menunjukan bahwa kita akan memberikan variable a alamat dari variable b karena variable b diberi awalan &.

Operator * menyatakan isi atau nilai dari variable itu sendiri.dengan pointer kita dapat mengakses nilai yang tersimpan secara langsung dengan memberikan awalan tanda *.Operator * berarti “isi dari…” atau disebut “value pointed by…”.

Contoh:
a=15
a=&b
c=*a


Contoh diatas menunjukan bahwa c sama dengan isi yang ditunjuk oleh a.c=15 karena a di alamat b,dan nilai yang berada di alamat b adalah 15.

Berikut ini adalah contoh pointer pada c++.


# include < constream.h >
void main()
{
clrscr();

int v,*p;

cout<<"input angka:"; cin>>v;

p = &v;

cout << “Nilai v = “ << v << “ dan *p = “ << *p
<< “ \nAlamatnya = “ << p << ‘n’;
getch();
}

Comments

Popular Posts